Kamis, 23 Maret 2017

Asal Mula Desa Mekarsari Kec.Megang Sakti Kab. Musi Rawas

         

Sejarah Singkat Desa Mekarsari
              Pada awal nya desa yang terletak disebelah utara kabupaten Musi Rawas Lubuk Linggau sering disebut dengan Desa Mekar Sari.Dalam kata Mekar Sari itu mengandung beberapa arti yaitu Mekar daerah yang akan berkembang seperti sbagaimana nya bunga mau berkembang.Namun dalam usaha perkembangan daerah ini banyak sekali mendapatkan cobaan-cobaan yang di berikan oleh yang maha kuasa.Sari yaitu sesuatu yang manis dan dapat digunakan modal hidup seperti penghasilan di daerah tersebut yang menjadi mata pencarian di Desa Mekar Sari ini.Seperti : Kelapa Sawit,Karet,dll. Desa ini berdiri pada akhir tahun 1985 karena ada program pemerintah menyangkut Transmigrasi. Transmigrasi ini juga bisa diartikan perpindahan penduduk dari kota atau desa menuju desa untuk berkembang demi meyokong kemajuan dari sebuah negara.
             
Desa Mekarsari merupakan desa transmigrasi yang mulai dibentuk pada tahun 1985 dengan jumlah kepala keluarga 231 ditambah TRANS SAD 35 kk dan TRANS LOKAL 34 kk dengan jumlah semuanya 390 kepala keluarga dan jumlah penduduk 1252 jiwa, sebagian besar penduduk Desa Mekarsari merupakan transmigran lokal. Kemudian pada tahun 1986 ada penambahan penduduk melalui program TRANS SISIPAN 16 kepala keluarga dan 58 jiwa.
                Awalnya Desa Mekarsari terdiri 13 RT dan 5 Dusun yang dipimpin oleh Bapak Dana Kosim sebagai kepala desa pertama. Pada tahun 1987 diadakan pemilihan kepala desa untuk pertama kali dan masyarakat mempercayai kepada Bapak Nasrun Chaniago yang menjabat selama 3 periode namun di periode ke-3 beliau tidak mampu menyelesaikan masa jabatannya karena sakit dan meninggal dunia. Untuk kepemimpinan selanjutnya di teruskan oleh Bapak Zakaria yang pada saat itu menjabat Sekertaris Desa hingga tahun 2004. Pada tahun 2004 Kepala Desa Mekarsari dijabat oleh Bapak Sudirman Syino yang menjabat selama 2 periode hingga tahun 2014, dan dilanjutkan oleh Bapak Nurudin Anwar sebagai Sekertaris Desa  selaku pejabat sementara. Pada tahun 2015 diadakan pemilihan kepala desa yang diikuti empat calon kepala desa mekarsari yang dimenangkan oleh Bapak Zabur yang mampu mengunggui perolehan suara dari ketiga calon lainnya dan menjabat hingga saat ini.

 MOTO DESA MEKARSARI
                   Untuk mewujudkan motivasi dalam menata Desa Mekarsari maka diwujudkan dalam motto sebagai berikut : " Mekarsari Berkarakter ( Berkarya, Berkualitas dan Religius).


VISI dan MISI
Desa Mekarsari

                        Visi dan Misi Desa Mekarsari merupakan gambaran tentang masa depan yang diinginkan oleh masyarakatnya, hal ini tertuang didalam RPJM Des ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ) tahun 2015 - 2021 Desa Mekarsari , yaitu Terwujudnya Desa MEKARSARI SANTRI ( Sehat, Aman, Nyaman, Tertib, Rapi dan Indah ) untuk mewujudkan Visi tersebut maka Desa Mekarsari memiliki Misi sebagai Berikut :
  • Terciptanya masyarakat yang sehat dalam rangka meningkatkan produktivitas secara jasmani dan rohani sosial ekonomi.
  • Bersama masyarakat dan kelembagaan desa menyelenggarakan pemerintah desa dan melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif dan tepat sasaran.
  • Terciptanya keinginan yang kuat dalam masyarakat  untuk bekerja keras dalam rangka mempertahankan hidup yang layak.
  • Terlaksananya pelaksana yang cepat, mudah, dan murah sebagai wujud pengabdian.
  • Terlaksananya pembangunan yang merata dan proporsional sebagai pemenuh rasa keadilan.
  • Terciptanya lingkungan dan aparat yang rapi dalam rangka meningkatkan semangat pengabdian dan etos kerja.
  • Terciptanya harmonisasi dalam masyarakat untuk mendapatkan hak da menunaikan kewajiban.
 
                Jurnalistik Mekarsari ini adalah sebuah wadah untuk memberikan informasi teraktual dan independent agar masyarakat yang saat ini sudah dapat mengakses internet dimanapun dengan harapan Jurnalistik Mekarsari ini slalu mampu memberikan berita atau pengumuman demi kemajuan desa mekarsari sp 3 mekarsari ini. Jurnalistik Mekarsari ini berdiri pada 25 agustus 2015.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum...
    Senang dan bangga rasanya sy yg nun jauh dpt melihat desa dimana sy pernah tinggal disana, tks jurnalis mekarsari...terus kembangkan!!! Tksh

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum...
    Senang dan bangga rasanya sy yg nun jauh dpt melihat desa dimana sy pernah tinggal disana, tks jurnalis mekarsari...terus kembangkan!!! Tksh

    BalasHapus